Sabtu, 28 Januari 2012

Cara Memanipulasi Foto Dengan Photoshop

                                                                Gambar 1
Sungguh asyik rasanya saat menikmati foto manipulasi hasil karya photoshop yang banyak tersharing di internet, karena kebetulan hari ini perhatian saya tercuri pada gambar manipulasi hasil karya photoshoper yang menurut saya sangat berbakat baik itu dari dalam negeri maupun dari luar negri, gambar gambar manipulasi foto ini menggelitik saya untuk ikut juga membuat foto manipulasi, paling tidak manipulasi foto saya ini bisa menjadi tambahan referensi untuk pembaca photoshopid akan foto manipulasi.
                                                                    Gambar 2
 CARA MEMANIPULASI FOTO                                          
  Gambar 3
Cara menggunakan Adobe Photoshop untuk memanipulasi foto hal yang pertama yang harus kita lakukan tentu saja membuka foto yang akan kita manipulasi. setelah foto objek masuk ke kanvas kerja photoshop seleksi foto tersebut agar kita dapat mengganti background foto tersebut dengan background foto yang telah kita persiapkan
              Gambar 4
Setelah bagian-bagian dari background foto yang akan kita hilangkan terseleksi dengan baik maka tekan [ Del ] pada keyboard dengan sebelumnya mengatur nilai feater sebesar 0,5 - 1. tentang apa dan bagaimana feater sudah pernah saya bahas pada artikel cara menyeleksi dengan halus silahkan membacanya, karna di artikel itu juga saya membahas bagaimana cara merubah background foto.

Bagian background yang akan kita hilangkan sudah kita hilangkan dengan menyisakan bagian rambut yang masih terdapat background dari foto aslinya, hal ini saya sengajakan karna untuk menghilangkan background pada helai rambut kita akan melakukannya secara khusus. untuk yang belum mengetahui bagaimana cara mengcutting rambut sejenak tinggalkan halaman ini untuk membaca dan mempelajari cara seleksi helai rambut di photoshop. 
Cara menggunakan Adobe Photoshop - dalam artikel maipulasi foto dengan photoshop bagian satu. Saya telah membahas step awal atau tahap pertama dari tutorial manipulasi foto. saya telah menganggap anda telah mempelajari seleksi / bagaimana Cara menggunakan Adobe Photoshop menghilangkan background foto juga bagaimana cara menyeleksi helai rambut sebagaimana yang telah saya bahas pada bagian pertama dari tutorial ini.
Kemudian buka juga foto yang akan kita jadikan background dari foto yang telah kita cutting ini, dan pada Adobe Photoshop akan terbuka dua kanvas kerja, yang pertama foto yang telah tercuting dan       yang kedua foto yang kita jadikan background
 Bila tampilan di Adobe Photoshop tidak tampak kedua foto tersebut maka Cara menggunakan Adobe Photoshop untuk melihat semua kanvas kerja yang sedang aktif adalah dengan menekan tombol F pada keyboard beberapa kali, atau pada Menu Bar pilih Windows - Arangge - Cascade. agar semua kanvas kerja dapat terlihat                                                         
Kemudian aktifkan Move Tool pada pallete tool box, Cara menggunakan Adobe Photoshop Move Tool adalah dengan meng-klik dan tahan foto yang akan kita jadikan sebagai background dari project manipulasi foto, kemudian tarik ke dalam foto yang telah tercutting.

 Perhatikan pallete layer, apabila letak layer background foto berada di atas foto yang telah tercutting maka klik dan tahan layer background foto yang berada di atas layerr foto yang tercutting lalu tarik ke bawah layer foto yang telah tercutting. untuk mempelajari pallete layer silahkan membaca mempelajari pallete layer maka hasilnya akan tampak seperti Gambar 1, Tahap berikut nya adalah menyembunyikan bagian kaki objek agar tampak seperti berada di belakang jembatan dari background foto, Cara menggunakan Adobe Photoshop masking adalah dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool dan buat lah seleksi di atas layer foto objek atau foto yang telah tercutting seperti yang tampak dibawah ini.                                                


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar