Senin, 30 Januari 2012

Agar Blog Terdaftar Di Search Engine

Blog kita bisa terdetect dari direktori web, mesin pencari, tautan / link dari website lain dan kunjungan langsung ke alamat / url situs kita. Untuk bisa dicrawl dan diindex google, situs kita harus ditemukan oleh sistem bot google yang akan menelusuri blog kita dan menampilkan situs kita di hasil pencarian google.
berikut ini adalah beberapa cara :

1. Submit url situs web atau blog kita di sistem milik google dll :
- www.google.com/webmasters/tools/
- www.submitexpress.com/submit.html
- www.bing.com/toolbox/webmaster

2. Submit alamat blog / situs ke web direktori terkenal
- www.dmoz.org

3. Promosi baik-baik
- pasang signature email kita yang ada link blog atau website kita (hati-hati email kita diangap spam)
- pasang signature di komentar blog atau forum walaupun nofollow
- pasang iklan di iklan online gratisan
- masukkan blog kita di web direktori lokal dan internasional sebanyak-banyaknya
- daftar direktori blog seperti blog-indonesia.com
- pakai pakaian atau atribut yang ada tulisan alamat situs kita
- kalau kenalan sama orang lain di internet jangan lupa promosi blog kita.
- pasang link blog kita di profil  facebook, twitter dan lain-lain.

4. Rajin menebar link blog aktif kita di internet
carilah forum atau blog yang memperbolehkan kita posting link aktif follow web kita di situsnya. seperti memberi komentar atau respon balasan thread di forum komunitas dengan melampirkan link di signature kita. cara ini lumayan ampuh untuk menarik pengunjung dan banyak bot search engine.

Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah proses mulai dari crawl sampai index bisa memakan waktu sebentar maupun lama suka-suka sistem google. Bisa dalam hitungan jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan seterusnya. Jadi harap sabar dan jangan mudah putus asa. Jangan bergantung pada meisn pencari saja, tetapi gunakan metode promosi lain.
Kalau buat blog jangan cuma copy paste dari website lain karena google bisa mendeteksi kejahatan hak cipta semacam itu. Buatlah tulisan blog sendiri biarpun jelek karena lama-lama kita bisa jadi ahli menulis.
Artikel atau tulisan blog yang bagus tidak selamanya bisa memancing orang / pengunjung untuk memberi komentar. Komentar bukanlah sesuatu yang patut dibanggakan. Konsentrasilah pada jumlah pengunjung ketimbang jumlah komentar blog.

AGAR TERINDEXS MESIN PENCARI GOOGLE
Untuk sobat yang baru buat blog .penting agar segera mendaftarkan blog sobat ke situs search engine atau mesin pencari. ini menyangkut masa depan blog sobat dimata search engine. karena biasanya para pengunjung mengakses sebuah blog melalui search engine atau mesin pencari.

Nah, kalau seandainya blog sobat tidak terdaftar di situs mesin pencari. percuma deh ngetik ribuan atau jutaan kalipun, blognya sobat nggak bakalan ketemu karena nggak di daftarin. kalau blognya berflatfrom blogger sih tak masalah meski nggak di daftarin. Jadi nggak masalah. makanya, segera daftarin blog sobat ke situs search engine atau mesin pencari .mudah dan gratis koq.

Sekarang ini banyak macam situs mesin pencari dan yang paling populer saat ini adalah google . tapi memang selain google masih banyak lagi situs search engine lainnya

Nah ! disini saya akan bahas tata cara mendaftar blog sobat ke website google hanya beberapa langkah saja.
Sebelumnya siapkan URL blog sobat, contoh :http://layindotutorial.blogspot.com setelah siap.

1. pertama,ketik/klik www.google.com/addurl/ pada browser.
2. maka akan nampak halaman seperti gambar dibawah:

                
3. silakan sobat isi semua kolom yang tersedia (ada tiga) seperti:


  • URL :isi dengan URL blog yang sudah sobat sediakan tadi. misal http://layindotutorial.blpgspot.com.jangan lupa lengkap dengan http:// dan jangan sampai salah sehuruf pun.
  • komentar :isi dengan deskripsi tentang blognya sobat (bebas) misal :duduk rileks sambil ngopi di depan komputer paling enak buka situs blogerdin...!!
  • opsional :isi dengan karakter atau jenis huruf yang terpampang diatasnya.

4. setelah semua form terisi, selanjutnya tinggal klik tambahkan url yang ada di bawahnya.

jika berhasil, maka akan ada tulisan thank you you site URL has been successfully 


                                 
Sampai disini sobat sudah berhasil daftarin blog sobat ke mesin pencari google. tapi  mesti sedikit bersabar menunggu karena  perlu waktu untuk memproses lamaran sobat. biasanya sih sampai 1-3 hari atau beberapa minggu kemudian. jika beruntung mungkin nggak kurang dari sehari blog yang baru sobat daftarin akan terindex oleh mesin pencari google.
Coba saja sobat cek URL (alamat) blog sobat di search engine google. jika ketemu, berarti blog sobat sudah terindex atau terdaftar sama mesin pencari google. jika dalam beberapa hari kemudian masih belum? tunggu beberapa minggu kemudian. sambil nunggu,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar